STRUKTUR KEPENGURUSAN PUSAT INKUBATOR BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN (PIBK)

Saat ini Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mempunyai lembaga yang  menumbuh kembangkan bisnis dan kewirausahaan. Ini menjadi momentum berharga bagi tumbuh suburnya pengusaha muda muslim.  Berbagai program akan ditindak lanjuti dengan inkubator bisnis. Dalam Perpres No. 27  tahun 2013 inkubator bisnis didefinisikan sebagai suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses inkubasi terhadap peserta inkubasi (tenant). Inkubasi adalah suatu proses pembinaan, pendampingan dan pengembangan yang diberikan oleh inkubator wirausaha kepada tenant.

Inkubator diduga merupakan cara tepat dalam melahirkan pengusaha baru. Benih-benih wirausaha dibina, didampingi, dijaga, dikembangkan, sampai menjadi  pengusaha muda yg tangguh. Setelah proses inkubasi, biasanya 0 – 3 tahun, pengusaha muda muslim diterjunkan ke masyarakat dan diharapkan menjadi tangguh dan mandiri.

Ada 7S karakteristik yg sekaligus fungsi inkubator bisnis, yaitu : (1). Space. Inkubator menyediakan tempat untuk mengembangkan usaha pada tahap awal. (2). Shared. Inkubator menyediakan fasilitas kantor yg bisa digunakan secara bersama. (3). Services. Meliputi konsultasi manajemen dan masalah pasar, aspek keuangan dan hukum, informasi perdagangan dan teknologi. (4). Support. Inkubator membantu akses riset, jaringan profesional, teknologi, dan investasi. (5). Skill Development. Dapat dilakukan melalui latihan menyiapkan rencana bisnis, manajemen dan kemampuan lainnya. (6). Seed Capital. Dapat dilakukan melalui dana bergulir internal atau dengan membantu akses usaha kecil pada sumber-sumber pendanaan atau lembaga keuangan yang ada. (7). Sinergy. Kerjasama tenant atau persaingan antar tenant dan jejaring dengan pihak universitas, lembaga riset, usaha swasta, profesional dan masyarakat internasional.

Saat ini ada puluhan mahasiswa yg akan dibina oleh PIBK UMJ. Salah satu Support bagi tenant PIBK adalah memberi kesempatan kepada tenant untuk mengembangkan usahanya dari kampus UMJ.

Langkah awal yang butuh support semua pihak adalah keberpihakan kepada pengusaha muda mahasiswa kita sendiri untuk mendapatkan kesempatan menjadi vendor di berbagai kegiatan UMJ baik di tingkat Universitas maupun Fakultas bahkan program studi.

Berilah kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif nya di dalam kampus. Misalnya bagi mahasiswa yang punya usaha bergerak dibidang kuliner, berilah kesempatan untuk mengisi counter kantin dan menjadi vendor kegiatan-kegiatan internal UMJ. Sebutlah rapat, workshop, seminar yang membutuhkan snack, makan siang.

Memang mungkin jauh dari sempurna, dan inilah pelajaran berharga bagi tenant, untuk kita bina, dampingi, dikembangkan, kelak mereka menjadi pengusaha handal dibidang masing-masing karena pembinaan, pendampingan dan pengembangan dengan baik.

Dukungan semua pihak menentukan berjalannya program ini,  peluang-peluang di internal hendaknya berpihak kepada tenant, dengan evaluasi yang wajar. Semoga semakin banyak mahasiswa kita yang tumbuh menjadi pengusaha muda muslim tangguh, dan Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) bukan hanya siap melahirkan mahasiswa siap kerja, juga melahirkan pengusaha muda muslim tangguh. Aamiin.

yemek tarifleri
Edremit Zeytin